Home / Berita / Gubernur Lampung Minta Bupati Lampung Timur Isi Kekosongan Jabatan Wakil Bupati

Gubernur Lampung Minta Bupati Lampung Timur Isi Kekosongan Jabatan Wakil Bupati

Gubernur Lampung, Arinal Junaidi, menyurati Bupati Lampung Timur, Zaiful Bokhari, untuk segera mengisi kekosongan jabatan wakil bupati. Pasca dilantiknya Bupati Lamtim sebelumnya, Chusnunia Chalim, sebagai wakil gubernur Lampung, Zaiful Bokhari yang sebelumnya menjabat sebagai wakil bupati, naik menjadi Bupati. Sementara posisi wakil bupati yang ditinggalkan Zaiful Bokhari kosong hingga saat ini.

Dalam surat yang bernomor 132.18/2551/01/2019 tanggal 13 September 2019, Gubernur meminta bupati segera mengusulkan pengisian jabatan Wakil Bupati sisa masa jabatan 2016-2021 sesuai dengen ketentuan perundangan-undangan yang berlaku. Sebagaimana ketentuan Pasal 179 ayat (1) dan ayat (4) Undang-undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota, jika terjadi kekosongan jabatan, maka pengisian wakil bupati dilakukan melalui mekanisme pemilihan oleh DPRD Kabupaten. Sedangkan calon yang dipilih adalah usulan partai atau gabungan partai politik yang mengusulkan pasangan bupati/wakil bupati dalam pemilihan sebelumnya.

Dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Lampung Timur di tahun 2015, pasangan Chusnunia Chalim dan Zaiful Bokhari diusung oleh gabungan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Demokrat. Chusnunia merupakan kader PKB, dan Zaiful merupakan kader Partai Demokrat.

Surat Gubernur Lampung tersebut, selain ditujukan kepada Bupati Lampung Timur juga ditujukan kepada Bupati Lampung Tengah. Loekman Djojosoemarto, Bupati Lampung Tengah saat ini sebelumnya merupakan wakil bupati. Dia menggantikan bupati sebelumnya, Mustafa, yang menjadi terpidana perkara tindak pidana korupsi.

About admin-hukum1926

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

54 − = 44