Home / Aktivitas / LPBH NU Lamtim Beri Bantuan Hukum Sekolah-sekolah Di Bawah LP Maarif NU

LPBH NU Lamtim Beri Bantuan Hukum Sekolah-sekolah Di Bawah LP Maarif NU

Pengurus Cabang Lembaga Pendidikan (LP) Maarif Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Lampung Timur Lamtim) sepakat mengadakan kerjasama di bidang advokasi dan pelayanan jasa hukum dengan Lembaga Bantuan dan Penyuluhan Hukum (LPBH) NU Lamtim, Rabu (14/8/2019), di Sukadana. Kesepakatan ini menjadi hasil pertemuan membahas permasalahan hukum yang dialami sekolah-sekolah di bawah LP Maarif NU Lamtim bertempat di aula PC NU Lamtim.

Dalam pertemuan itu, beberapa kepala sekolah mengutarakan adanya “oknum” wartawan atau LSM yang sering meminta sejumlah uang dengan alasan ada praktek penyelewengan atau pungutan liar (pungli) yang dilakukan sekolah. Oknum-oknum tersebut selalu beranggapan kalau sudah menerima dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), maka sekolah tidak boleh menerima dana apapun dari siswa atau orang tua/wali murid.

Padahal menurut beberapa kepala sekolah yang hadir dalam pertemuan, dana BOS tidak mencukupi seluruh biaya operasional sekolah, karena sekolah yang mereka kelola adalah sekolah swasta. Menurut berapa kepala sekolah tersebut kalau hanya menggunakan dana BOS, guru-guru yang mengajar tidak dapat honor, karena bukan pegawai negeri.

Menurut mereka sekolah-sekolah sudah menerapkan Peraturan Pemerintah (PP) No.48 Tahun 2008 tentang Pendanaan Pendidikan. Dalam PP tersebut, untuk sekolah yang didirikan masyarakat (swasta) boleh menerima dana dari orang tua murid atau masyarakat. Dana tersebut untuk menambah kekurangan biaya pendidikan yang diberikan pemerintah.

Kesepakatan antara LP Maarif NU dan LPBH NU Lamtim itu dituangkan dalam bentuk nota kesepahaman yang ditandatangani masing-masing pimpinannya. LP Maarif diwakili oleh Rahmat Dahlan, sedangkan LPBH diwakili oleh Masyhuri Abdullah. Ketua LPBH NU Lamtim, Masyhuri Abdullah mengatakan, dirinya dan beberpa advokat lainnya siap membantu permasalahan hukum yang dialami sekolah-sekolah di lingkungan NU Lampung Timur.

About admin-hukum1926

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

12 + = 20