Sabtu , Oktober 19 2019
Home / Berita / Saksi: Fee Ke Pemkab Mesuji Tetap Diberikan Meski Tidak Menjadi Kesepakatan Wajib Sebelum Lelang

Saksi: Fee Ke Pemkab Mesuji Tetap Diberikan Meski Tidak Menjadi Kesepakatan Wajib Sebelum Lelang

Dalam sidang lanjutan perkara tindak pidana korupsi di Dinas PUPR Kabupaten Mesuji, dengan terdakwa Bupati non aktif, Khamamik, Sekretaris Dinas PUPR, Wawan Suhendra, dan adik bupati, Taufik Hidayat di Pengadilan Negeri Tanjung Karang, Jum’at (28/6), terungkap jika sebenarnya tidak ada paksaan untuk memberikan fee sebelum lelang proyek dilakukan. Ini disampaikan dua orang saksi, Sibron Azis dan Kardinal, dari pihak PT Subanus grup, yang merupakan pemberi fee proyek. Keduanya merupakan terpidana yang sudah divonis penjara selama 27 bulan untuk perkara yang sama.

Dalam kesaksiannya Sibron Azis dan Kardinal mengungkapkan memang ada permintaan fee dari Pemkab Mesuji melalui Wawan Suhendra sebelum lelang proyek dilakukan. Menurut keduanya saat itu Wawan melalui utusannya meminta fee 15 persen, yang ditawar oleh pihaknya sebesar 12 persen setelah dipotong pajak. Menurut Sibron dan Kardinal pada saat itu belum terdapat kesepakatan fee yang akan diberikan, meski demikan perusahaan mereka tetap diumumkan sebagi pemenang lelang.

Sibron dan Kardinal mengatakan fee proyek baru benar-benar nyata setelah proyek berjalan saat Wawan Suhendra meminta sejumlah 200 juta rupiah sebagai kasbon yang akan dihitung sebagai bagian dari total fee. Setelah permintaan sebanyak 200 juta, selanjutnya Wawan juga menerima sebanyak 100 juta rupiah untuk kegiatan dinas. Sehingga total fee yang diberikan saat proyek masih berlangsung sebanyak 300 juta rupiah.

Sementara uang sejumlah 1,28 miliar rupiah yang yang terkena OTT Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diberikan saat proyek sudah selesai dikerjakan dan pembayaran kepada rekanan suda 100 persen. Sibron Azis mengungkapkan, meskipun proyek sudah selesai dikerjakan dan tidak ada permintaan langsung atas sisa fee dari pihak dinas, pihaknya tetap memberikannya karena sudah berkomitmen.

About admin-hukum1926

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 + 2 =