Home / Berita / Kini Pengesahan CV Dilakukan Oleh Menkumham Secara Online

Kini Pengesahan CV Dilakukan Oleh Menkumham Secara Online

hukum1926.id – Sejak diundangkannya Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2018 tentang Pendaftaran Persekutuan Komanditer, Persekutuan Firma, dan Persekutuan Perdata, pada tanggal 1 Agustus 2018, pendaftaran badan hukum CV (commanditaire vennotschaap) diajukan langsung ke Menteri Hukum dan HAM RI untuk mendapatkan pengesahan. Pendaftaran tersebut dapat berupa pendaftaran akta pendirian, perubahan anggaran dasar, dan pembubaran cv. Sebelum berlakunya peraturan ini, setelah pembuatan akta pendirian cv di notaris, dilakukan pendaftaran di Pengadilan Negeri setempat untuk pencatatannya.

Lihat: Peraturan Pemerintah No.17 Tahun 2018 tentang Pendaftaran Persekutuan Komanditer, Persekutuan Firma, dan Persekutuan Perdata

Pendaftaran badan hukum cv di Kementerian Hukum dan HAM dilakukan oleh notaris secara online lewat Sistem Administrasi Badan Usaha, Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (AHU) Kemenkumham RI. Untuk permohonan pendaftaran cv dilakukan pemesanan nama terlebih dahulu, dengan maksud agar tidak terdapat nama CV dengan nama yang sama atau namanya termasuk dalam kategori nama yang dilarang. Setelah nama CV yang dipesan mendapatkan persetujuan, barulah dapat dilakukan proses pendaftaran badan hukumnya.

Selanjutnya Menteri Hukum dan HAM akan menerbitkan Surat Keterangan Terdaftar (SKT) jika permohonan tersebut disetujui. SKT ini disampaikan secara elektronik yang dapat dicetak sendiri oleh pemohon.

Dengan sistem pendaftaran CV secara online ini tentunya semakin memudahkan masyarakat untuk mendaftarkan cv miliknya. Selain itu sesudah mendapatkan SKT, pemohon juga dapat langsung mengurus izin usaha dan nomor induk berusaha melalui online single submission di website oss.go.id. Diharapkan dengan proses pendaftaran dan pengurusan izin yang mudah dengan sistem online ini dapat mempermudah masyarakat dalam menjalankan usahanya.

About admin-hukum1926

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 48 = 55