Home / Berita / Seknas Jokowi Minta Alay Tripanca Dijebloskan Di Nusakambangan

Seknas Jokowi Minta Alay Tripanca Dijebloskan Di Nusakambangan

hukum1926.id – Sekjend Seknas Jokowi, Dedy Mawardi, meminta Kejati Lampung untuk mengeksekusi Sugiarto Wiharjo alias Alay Tripanca di LP Nusakambangan.  Ini disampaikannya mensikapi tertangkapnya Alay di Tanjung Benoa, Bali, Rabu (6/2/2019), setelah menjadi buronan selama 5 tahun, sesudah perkaranya inkracht.

Dedy mengatakan, terpidana terkait perkara Bank Tripanca, yang merugikan keuangan negara sebesar Rp 136 miliar ini layak ditempatkan di Nusakambangan.  Menurut Dedy ini perlu dilakukan agar kasus kaburnya Alay ini tidak terulang kembali.

Menurut Dedy Mawardi, dengan uang yang dimilikinya, sangat memungkinkan Alay dapat kabur lagi jika dieksekusi di LP di Lampung.  Atau paling tidak mendapatkan fasilitas yang wah di LP, tambahnya.

Dedy menambahkan, berhasil kaburnya Alay selama 5 tahun menjadi indikasi tidak seriusnya aparat di Lampung dalam menangkap Alay.  Agar kasus kaburnya Alay tidak terulang kembali, sebaiknya Alay dijebloskan di LP Nusakambangan, tegas Dedy.

Alay sendiri terjerat pidana korupsi, setelah uang APBD Lampung Timur dan Lampung Tengah yang disimpan di Bank Tripanca tidak dapat ditarik akibat bankrutnya  Bank Tripanca.  Mahkamah Agung (MA) telah menjatuhkan vonis hukuman 18 tahun penjara terhadap Bos Tripanca Group, Alay.

Selain menjerat Alay, kasus ini juga menjadikan mantan Bupati Lampung Timur, Satono, dan Bupati Lampung  Tengah, Andy Achmad, menjadi terpidana.  Satono sendiri hingga saat ini masih menjadi buron, sedangkan Andy Achmad masih menjalani hukuman.

Sebelumnya, Alay telah dijatuhi hukuman lima tahun penjara oleh Pengadilan Negeri (PN) Tipikor Tanjungkarang.

Alay lalu mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi Lampung. Pengadilan Tinggi Lampung  menguatkan putusan PN, sedangkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) mengajukan Kasasi Ke Mahkamah Agung (MA).

Setelah putusan inkracht, Alay tidak dapat dieksekusi Kejati Lampung karena kabur.  Dan baru tertangkap setelah menjadi DPO selama 5 tahun.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

About admin-hukum1926

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 + 1 =