Home / Aktivitas / Seknas Jokowi Perjuangkan Warga Register 40 Gedung Wani

Seknas Jokowi Perjuangkan Warga Register 40 Gedung Wani

hukum1926.id – Seknas Jokowi Lampung meyakinkan warga Kecamatan Jati Agung, Lampung Selatan, yang lahannya termasuk ke dalam kawasan Register 40 Gedung Wani, tidak akan diusir atau dipungut bayaran oleh pemerintah. Ini disampaikan oleh Ketua Seknas Jokowi Lampung, Siti Noor Laila dalam dialog yang dihadiri ratusan warga. Hal ini menjadi salah satu pokok bahasan dalam dialog antara warga dengan Seknas Jokowi, di Desa Margo Lestari, Kecamatan Jati Agung, Lampung Selatan, Jum’at (18/1/2019).

Dalam dialog tersebut hadir juga Ketua Dewan Pimpinan Nasional Seknas Jokowi, Muhammad Yamin, dan Sekjend, Dedy Mawardi. Sementara warga yang hadir antara lain dari beberapa perwakilan warga di Register 40 dan tokoh-tokoh masyarakat Kecamatan Jati Agung.

Beberapa waktu terakhir, warga yang tanahnya masih termasuk ke dalam register 40, khawatir dengan isu yang menyebut warga akan ditarik bayaran jutaan rupiah oleh pemerintah. Padahal warga sudah memperjuangkan puluhan tahun agar tanah mereka dilepas oleh pemerintah dari kawasan hutan register 40.

Siti Noor Laila, Calon Aggota DPR RI, dari PDIP Dapil Lampung 1

Siti Noor Laila, yang juga calon anggota DPR RI dari PDIP Daerah Pemilihan Lampung 1, mengatakan presiden telah mengeluarkan Perpres No.86 Tahun 2018 tentang Reforma Agraria. Menurut Laila, perpres ini yang akan menjadi landasan untuk menjamin hak warga yang mendiami kawasan hutan, salah satunya di Register 40. Siti Noor Laila memastikan, dirinya dan Seknas Jokowi, akan memperjuangkan agar tanah warga dikeluarkan dari kawasan register 40.

“Aturannya sudah ada, dan pembaruan agraria memang menjadi agenda pemerintahan Jokowi, mari kita bersama-sama memperjuangkan agar warga di Register 40 mendapatkan hak-haknya”, ujar Laila. “Kita upayakan agar dapat dikeluarkan dari kawasan hutan, sehingga perkampungannya dapat dijadikan desa definitif,” tegas Laila.

Sementara itu Ketua DPN Seknas Jokowi, M. Yamin, meminta warga Jati Agung memastikan pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin, dapat menang “tebal” dalam pilpres 17 April 2019. M. Yamin mengatakan, kalau Jokowi terpilih lagi menjadi presiden, maka program-program kerakyatan yang saat ini sudah berjalan akan terus dilanjutkan.

“Program dana desa, program untuk warga miskin sepertru PKH, Kartu Indonesia Pintar, pembangunan infrastruktur, pembangunan pertanian, akan terus dilanjutkan kalau Jokowi terpilih lagi. “Indonesia tidak akan punah kalau Jokowi menjadi presiden kembali, malah akan lebih maju”, tegasnya.

Sementara itu perwakilan warga memaparkan saat ini pembangunan di desa-desa sangat banyak dengan adanya dana desa. Demikian juga halnya dengan harga komoditi pertanian seperti jagung dan padi yang meningkat, dan harga kebutuhan pokok yang stabil. Warga berharap Jokowi dapat terpilih lagi dalam pilpres 2019 agar kemajuan yang sudah dirasakan dapat dilanjutkan. (red)

About admin-hukum1926

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

21 − = 13