Home / Berita / Alasan Pemerintah Putuskan Tarif Listrik Triwulan I 2019 Tidak Naik

Alasan Pemerintah Putuskan Tarif Listrik Triwulan I 2019 Tidak Naik

hukum1926.id – Pemerintah memastikan tidak ada kenaikan tarif listrik untuk pelanggan non subsidi untuk periode Januari-Maret 2019. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignatius Jonan, mengatakan keputusan tersebut ditujukan untuk menjaga daya beli masyarakat dan menjaga iklim industri agar tetap kompetitif.

Keputusan untuk tidak menaikkan tarif listrik tersebut ditetapkan melalui surat kepada PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) tanggal 31 Desember 2018.

Sementara itu Andy N. Sommeng, Direktur Ketenagalistrikan ESDM mengatakan, keputusan pemerintah tersebut sudah melalui berbagai perhitungan dan tidak mebebani keuangan PLN. Ini karena ada insentif harga batubara yang dipatok US$ 70 per ton, serta harga minyak dunia yang trennya menurun.

Terlebih PLN sebagai BUMN juga bertugas untuk memberikan kemanfaatan kepada masyarakat dan negara, tidak sekedar mencari keuntungan.

Penyesuaian tarif dasar listrik sendiri diatur melalui Peraturan Menteri (Permen) ESDM Nomor 28 Tahun 2016 tentang Tarif Tenaga Listrik Yang Disediakan PLN, sebagaimana dirubah dengan Permen ESDM Nomor 41 Tahun 2017. Dalam permen ini penyesuaian tarif listrik dihitung triwulan, dengan memperhitungkan asumsi makro ekonomi yakni kurs dolar, harga minyak dan inflasi. (red)

About admin-hukum1926

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

49 − 40 =