Home / Berita / MK Putuskan Magang 2 Tahun Bagi Calon Advokat Konstitusional

MK Putuskan Magang 2 Tahun Bagi Calon Advokat Konstitusional

hukum1926.id – Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan magang 2 tahun bagi calon advokat adalah konstitusional. Putusan ini dibacakan dalam sidang pada hari Senin (26/11/2018).

Dalam Putusan Nomor 79/PUU-XVI/2018, MK menolak untuk seluruhnya uji konstitusionalitas Pasal 3 ayat (1)huruf g Undang-undang Nomor 18 Tahun 2003 tentang Advokat. Pasal ini mensyaratkan bagi calon advokat harus menjalani magang minimal selama 2 tahun terus-menerus sebelum diangkat sebagai seorang advokat.

Dalam pertimbangan putusannya, MK menyatakan secara umum tujuan proses magang untuk membekali pengetahuan dan keterampilan praktik agar calon advokat mampu menjalankan fungsinya dalam memberikan jasa hukum sesudah diangkat sebagai advokat. Menurut MK, karena pengetahuan dan keterampilan sangat penting maka wajar jika magang dilakukan secara kesinambungan. Dalam hal ini, frasa ‘terus-menerus’ harus dipahami supaya pengetahuan dan keterampilan yang didapat tidak terputus.

Perkara ini sendiri dimohonkan oleh Ridho Pradana dan Nurul Fauzi dari Lembaga Bantuan Hukum Gerakan Pemuda Ansor. Menurut pemohon, Pasal 3 ayat (1) huruf g Undang-undang Advokat diskriminatif bagi para pemohon untuk menjadi advokat. Menurut pemohon, ketentuan pasal ini menghambat para pemohon untuk memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi advokat. (red)

About admin-hukum1926

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

52 + = 59