Home / Berita / Menaker: Program Desmigratif Untuk Perlindungan Pekerja Migran

Menaker: Program Desmigratif Untuk Perlindungan Pekerja Migran

hukum1926.id – Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Republik Indonesia, Hanif Dhakiri mencanangkan program desmigratif (desa migran produktif) bagi pekerja migran. Menurut Hanif Dhakiri, program yang digagas kementeriannya bertujuan untuk memberikan perlindungan bagi pekerja migran yang akan bekerja ke luar negeri.

Selain itu program desmigratif juga ditujukan untuk pekerja migran setelah kembali dari bekerja di luar negeri. Serta untuk memberikan perlindungan bagi keluarganya.

Menurut Menaker, terdapat 4000 desa yang diharapkan dapat menjalankan program desmigratif. Ini disampaikannya saat menyampaikan arahan dalam acara Konsolidasi Penguatan Peran dan Fungsi Penanggung Jawab Desa dan Koordinator Dinas Program Desmigratif 2018, di Jakarta, Rabu (31/10/2018).

Hanif Dhakiri menjelaskan terdapat empat pilar utama desmigratif. Yakni pusat layanan imigrasi dan kegiatan usaha produktif untuk memberikan edukasi awal tata kerja bekerja di luar negeri. Selanjutnya community parenting untuk anak-anak pekerja migran. Terakhir, pembentukan koperasi Desmigratif.

“Program Desmigratif sebagai salah satu instrumen pemerintah untuk memberikan pelayanan dan pelindungan terbaik kepada para calon pekerja migran, purna pekerja migran dan keluarganya,” jelas Menaker Hanif.

Hanif menjelaskan program desmigratif merupakan program rintisan yang masih terbatas. Sebagai langkah awal, dibuat percontohan di sekitar 60 kabupaten/kota, dengan setiap tahun rata-rata dua desa di setiap kabupaten atau kota. Desmigratif mulai dijalankan tahun 2016 di dua desa dan diduplikasi di 120 desa di tahun 2017. Jumlahnya bertambah menjadi 130 desa pada tahun 2018.

“Nantinya kalau 4000-an desa kantong pekerja migran dari total 74.900 desa, memiliki program desmigratif dan empat pilar berjalan baik, yakinlah migrasi berlangsung aman dan pelindungan pekerja migran juga lebih baik,” janji Hanif. (red)

About admin-hukum1926

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 + = 4