Home / Berita / Kartu Nikah Setipis ATM Akan Gantikan Buku Nikah

Kartu Nikah Setipis ATM Akan Gantikan Buku Nikah

hukum1926.id – Buku nikah yang saat ini berlaku tidak lama lagi akan digantikan dengan kartu nikah. Sebuah kartu dengan kode quick response (QR) yang dapat dibaca dengan menggunakan aplikasi barcode atau QR scanner. Jika dilakukan pemindaian terhadap kode tersebut, akan langsung tersambung dengan aplikasi sistem informasi manajemen nikah berbasis website (simkah web). Dengan cara ini dapat ditelusuri keaslian kartu tersebut serta informasi mengenai perkawinannya.

Kemenag meluncurkan kartu nikah ini dengan tujuan menyederhanakan bukti pernikahan dan mengatasi pemalsuan buku nikah. Jika selama ini akta nikah berbentuk buku yang tebal yang agak merepotkan jika dibawa bepergian, maka kedepannya kartu nikah akan tipis berbentuk kartu seperti KTP atau ATM.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin telah meluncurkan Simkah Web pada tanggal 8 November 2018. Simkah Web ini merupakan tindak lanjut dari nota kesepahaman antara Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri Nomor:470/5711/SJ dan Nomor 20 Tahun 2015 tentang Kerjasama Pemanfaatan Nomo Induk Kependudukan, Data Kependudukan dan KTP Elektronik dalam Lingkup Kementrian Agama.

Menurut Dirjen Binmas Islam Kemenag, Kartu Nikah akan berisi informasi pernikahan yakni nama, nomor akta nikah, nomor perforasi buku nikah, serta tempat dan tanggal nikah. Dengan melakukan pemindaian kode QR di Kartu Nikah, informasi tersebut dapat ditelusuri. Jika kartu nikah tersebut palsu, maka informasi pernikahannya tidak akan ditemukan di website. (red)

About admin-hukum1926

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

39 + = 46