Home / Berita / Cabuli Mahasiswinya, Dosen Unila Divonis 1 tahun 4 bulan Penjara

Cabuli Mahasiswinya, Dosen Unila Divonis 1 tahun 4 bulan Penjara

Bandar Lampung, hukum1926.id – Chandra Ertikanto (58th), Dosen FKIP Univeritas Lampung (Unila) divonis hukuman penjara selama 1 tahun 4 bulan, oleh majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Tanjung Karang, Senin (26/11/2018). Seusai pembelaan dari terdakwa, majelis hakim menskors sidang dan langsung memutuskan vonis bagi terdakwa.

Vonis ini lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang menuntut terdakwa dihukum 2 tahun. Majelis hakim menyatakan terdakwa terbukti bersalah melanggar Pasal 290 ayat (1) juncto Pasal 64 ayat (1) KUHPidana. Atas vonis majelis hakim ini, JPU dan terdakwa sama-sama menerimanya.

Chandra Ertikanto diadili karena melakukan pencabulan terhadap mahasiswinya, DCL, sewaktu bimbingan skripsi. Modusnya yakni dengan menyentuhkan tangannya ke payudara mahasiswinya. Pencabulan tersebut dilakukan di ruang kerja Chandra. Karena dilakukan berulangkali, akhirnya Chandra dilaporkan korban ke kepolisian.

Hal yang menjadi pertimbangan majelis hakim memvonis lebih ringan dari tuntutan karena terdakwa telah mengakui perbuatannya dan meminta maaf secara tertulis. Selain itu terdakwa juga bersikap baik selama persidangan.

Terhadap putusan tersebut, kuasa hukum DCL dari Lembaga Advokasi Anti Kekerasan DAMAR, Hery Rio Saputra SH mengatakan, vonis tersebut mencapai 2/3 dari tuntutan jaksa. Menurut Rio, biasanya kalau vonis tidak kurang dari 2/3 tuntutan, maka JPU akan menerimnya. “Kalau kami sih maunya divonis minimal sama dengan tuntutan, tapi kalau jaksa sudah menerimanya, ya tidak ada lagi yang bisa diupayakan”, katanya. (red)

About admin-hukum1926

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 69 = 71