Home / Berita / Cabuli Mahasiswinya, Dosen Unila Dituntut 2 Tahun Penjara

Cabuli Mahasiswinya, Dosen Unila Dituntut 2 Tahun Penjara

Bandar Lampung, hukum1926.id – Chandra Ertikanto (58 th), dosen FKIP Univeritas Lampung (Unila) dituntut hukuman pidana penjara selama 2 tahun oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) dalam sidang di Pengadilan Negeri (PN) Tanjung Karang, Senin (19/11/2018). Chandra diadili karena melakukan pencabulan terhadap mahasiswinya, DCL, sewaktu bimbingan skripsi.

Dalam tuntutannya, Jaksa Kadek Agus Dwi Hendrawan menyatakan, Chandra terbukti secara sah dan meyakinkan melanggar Pasal 290 ayat (1) juncto Pasal 64 ayat (1) KUHPidana. JPU meyakini terdakwa bersalah melakukan tindak pidana “telah melakukan perbuatan cabul dengan orang, padahal diketahuinya bahwa orang itu pingsan atau tidak berdaya, secara berturut-turut sehingga harus di pandang sebagai satu perbuatan berlanjut’.

Hal yang menjadi pertimbangan JPU menuntut 2 tahun yakni karena terdakwa telah mengakui perbuatannya dan meminta maaf secara tertulis. Selain itu terdakwa juga sudah mendapatkan sanksi sosial dari masyarakat.

Sebelumnya di dalam dakwaan, JPU menjerat terdakwa dengan dakwaan kesatu Pasal 290 ayat (1) dan dakwaan kedua pasal 281 ayat (2). Dalam tuntutannya JPU memilih Pasal 290 ayat (1) karena ancaman maksimal pidananya lebih tinggi dari Pasal 281 ayat (2), yakni 7 tahun.

Terhadap tuntutan JPU tersebut, kuasa hukum DCL dari Lembaga Advokasi Anti Kekerasan DAMAR, Meda Fatmayanti SH mengatakan, pihaknya sebenarnya berharap tuntutan maksimal dari JPU. Menurut Meda, meskipun terdakwa pada akhirnya di persidangan mengakui perbuatan cabulnya dan meminta maaf kepada korban, tapi itu tidak menghapus trauma yang dialami korban. Selain itu korban dan keluarganya tidak mau berdamai dengan terdakwa. (red)

About admin-hukum1926

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 35 = 38