Home / Berita / Seknas Jokowi Lampung Minta Pelaku Ujaran Kebencian ke Jokowi Dihukum Berat

Seknas Jokowi Lampung Minta Pelaku Ujaran Kebencian ke Jokowi Dihukum Berat

Advokat Seknas Jokowi Lampung, Hery Rio Saputra SH, meminta majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Tanjung Karang memvonis berat pelaku penyebar ujaran kebencian terhadap Presiden Jokowi dan masyarakat Lampung. Ini disampaikannya mensikapi perkara terdakwa Romi Erwin Saputra yang saat ini sedang dalam proses persidangan. Menurut Hery Rio, hukuman berat kepada pelaku penyebar ujaran kebencian diharapkan dapat menekan postingan yang menyebarkan kebencian terhadap suku, ras, maupun golongan, melalui media sosial. Hery Rio menambahkan, organisasinya juga memiliki tim yang melakukan cyber patrol terhadap pihak-pihak yang menyebarkan berita hoax maupun ujaran kebencian.

Romi (22 tahun), warga Panjang Utara Kecamatan Panjang, Bandar Lampung, diseret ke meja hijau karena telah mengunggah foto dan kata-kata yang menghina Presiden Joko Widodo yang bertuliskan “Punya Presiden kaya anjing, Kowi anjing cuma mementingkan daerah Jakarta aja coba pintingin nih orang Lampung biar gk pada tolol semua…”. Ujaran kebencian itu diposting Romi di grup facebook jual beli HP di wilayah Lampung tanggal 21 Juli 2018. Akun facebook yang dipergunakan Romi adalah akun miliknya yang didaftarkan dengan email: romi_comunittyost@yahoo.co.id milik terdakwa.

Perkara Romi ini disidangkan dengan register perkara nomor:1267/Pid.Sus/2018/PN.Tjk. Jaksa penuntut umum (JPU) mendakwa Romi telah melakukan perbuatan pidana yang diancam dengan Pasal 45A ayat (2) juncto Pasal 28 ayat 2 UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Terdakwa Romi menghadapi ancaman hukuman penjara maksimal 6 tahun.

Sidang pertama perkara ini sudah dilangsungkan Kamis, 11 Oktober 2018. Selanjutnya akan disidangkan kembali Kamis, 18 Oktober 2018. (red)

About admin-hukum1926

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

63 + = 65