Home / Berita / PT Mitra Grosir Indonesia: Sekarang Mau Usaha Sangat Mudah

PT Mitra Grosir Indonesia: Sekarang Mau Usaha Sangat Mudah

Jajaran PT Mitra Grosir Indonesia dan anak yatim saat launching perusahaan

PT. Mitra Grosir Indonesia merupakan salah satu badan usaha yang merasakan begitu mudahnya mendirikan perusahaan dan perizinan saat ini. Kebijakan pemerintahan Joko Widodo yang beberapa kali memangkas regulasi di sektor dunia usaha membuat begitu mudahnya untuk menjalankan suata usaha. Hal ini diungkapkan oleh Prasetyo Hadi Utomo, Direktur Utama PT Mitra Grosir Indonesia, di sela-sela launching gedung grosir milik perusahaannya di Kecamatan Way Jepara, Lampung Timur, Sabtu (27/10).

PT. Mitra Grosir Indonesia sendiri merupakan perusahaan perdagangan yang bergerak di bidang grosir sembako dan kebutuhan rumah tangga. Perusaahan ini berpusat di Kecamatan Way Jepara, Kabupaten Lampung Timur. Beberapa produk yang dijual antara lain minyak goreng dan gula pasir merk JUJUR, air mineral VOR dan Exis, dan produk-produk lainnya. Perusahaan ini menawarkan harga yang sangat terjangkau karena mendapatkan produk langsung dari pabriknya. Dalam perkenalan perusahaan ini juga diberikan santunan kepada anak yatim dan kaum dhuafa.

Regulasi terbaru yang dikeluarkan pemerintah adalah Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik. Menurut Prasetyo Hadi Utomo, dengan adanya PP ini, dengan butuh waktu 2 hari saja sudah bisa mendirikan badan usaha sekaligus mendapatkan surat izin usahanya. “Semua dilakukan secara online, dan sangat mudah”, ujarnya.

Menurut Prasetyo, pihaknya tidak perlu repot-repot mengurus ke beberapa dinas/instansi untuk bisa mendapatkan izin usaha seperti sebelumnya. Prasetyo menceritakan, sebelumnya untuk mendapatkan izin usaha dia harus ke beberapa instansi untuk mendapat rekomendasi, seperti kepala desa, camat, dinas perdagangan, dan terakhir kantor pelayanan perizinan satu pintu. Sekarang semuanya dipangkas, cukup dengan mengurus secara online, izin satu harui sudah keluar, tambah Prasetyo.

Hasil penelusuran hukum1926.id, dengan PP No.24 Tahun 2018, untuk mendapatkan izin usaha bisa sangat cepat dengan akses langsung ke website online single submission (OSS) di kementerian perekonomian. Bagusnya lagi web tersebut sudah terintegrasi dengan administrasi hukum online (AHU) di Kementerian Hukum dan HAM RI dan perpajakan.

Sehingga untuk yang hendak mendirikan badan usaha, cukup melalui notaris sudah bisa langsung mendapatkan akta pendirian dan Surat keputusan pendirian badan usaha dari Menkumham RI, serta langsung mendapat nomor pokok wajib pajak (NPWP). Ini bisa langsung selesai satu hari, dan langsung bisa mengurus perizinan melalui OSS.

Hebatnya lagi, di OSS data perusahaan yang didaftarkan melalui AHU Kemenkumham sudah ada. Sehingga tidak perlu lagi melakukan input yang rumit mengenai identitas badan usaha. Di OSS cukup mendaftar izin usaha yang hendak diajukan, sudah bisa mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB) sebagai pengganti Tanda Daftar Perusahaan (TDP) dan Surat Izin Usaha, yang semuanya bisa diprint out secara mandiri. (red)

About admin-hukum1926

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 58 = 68